Kamis, 12 April 2018

Klasifikasi Jenis Plastik Bekas Rongsok

Jenis jenis limbah plastik bekas rongsok - Plastik memiliki banyak jenis yang semuanya memiliki harga yang berbeda, plastik yang kami maksud adalah plastik bekas atau rongsok plastik dengan bahan semua jenis plastik, husus pengusaha daur ulang plastik atau yang mengolah limbah plastik menjadi kepingan kecil dan sudah di iris, maka wajib mengetahui jenis jenis plastik sehingga tidak salah membeli dan menggiling setiap jenis plastik bekas ke kelompoknya masing masing, dan jika tertukar dan tercampur yang ada haga jual plastik bisa jauh lebih murah karena tercampur berbeda jenis.

Salahsatu sampah limbah yang membutuhkan waktu sangat lama jika di biarkan berserakan dan sulit terurai adalah plastik, plastik membutuhkan waktu sekitar 100 tahun lebih untuk sampah plastik yang dibuang, agar dapat terdegradasi secara alami, oleh sebab itu sangat penting memperhatikan pencemaran lingkungan dari terlalu banyaknya limbah plastik yang mengkontaminasi lingkungan dan bisa merugikan kita sendiri selaku manusia bahkan merugikan sampai ke anak cucu kita, pengolahan limbah plastik dan para pengepul barang bekas plastik sangat berjasa secara tidak langsung dalam menangani penumpukan limbah plastik yang mencampuri lingkungan yang membuat lingkungan tidak steril lagi, tanaman kurang subur dan sumber air bisa terkendala. 

Terdapat beragam jenis usaha yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan limbah plastik yang berserakan, selain pengusaha rongsokan, usaha penggilingan mencacah limbah plastik juga menjadi salahsatu usaha yang sekaligus membantu penanganan permasalahan banyaknya limbah plastik di Dunia ini, husus bagi usaha penggilingan daur ulang plastik, infommasi kali ini wajib diketahui sehingga seperti yang dikatakan di atas tidak akan bisa tercampur antara satu jenis plastik dengan jenis lainnya. Untuk informasi terkait plastik, silahkan baca juga postingan kmai sebelumnya yang kami lampirkan link di bawah ini.

Baca juga :

Jenis plastik emberan, jenis plastik kerasan, jenis plastik abs, jenis plastik daur ulang dan harganya, macam macam jenis limbah plastik, jenis jenis plastik daur ulang, jenis plastik pp pe hd, jenis jenis plastik dan contohnya.

Jenis plastik emberan, jenis plastik kerasan, jenis plastik abs, jenis plastik daur ulang dan harganya, macam macam jenis limbah plastik, jenis jenis plastik daur ulang, jenis plastik pp pe hd, jenis jenis plastik dan contohnya.

Jenis jenis limbah plastik yang sangat banyak macamnya, semuanya memerlukan cara mendaur ulang yang berbeda, metode penggilingan yang berbeda, salah satu proses daur ulang pertama dan yang paling penting adalah ilmu untuk memilah sampah plastik (sortir plastik) berdasarkan klasifikasi jenis plastik dan warna plastik plastik, terdapat standar universal untuk membedakan plastik. Tahun 1988, SPI (Society of Plastics Industry) membuat kode simbol untuk membedakan tiap jenis plastik. Kode simbol ini terdiri dari panah berbentuk segitiga, yang didalamnya terdapat angka dari 1 sampai 7, untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian sederhana di bawah ini.

Jenis plastik emberan, jenis plastik kerasan, jenis plastik abs, jenis plastik daur ulang dan harganya, macam macam jenis limbah plastik, jenis jenis plastik daur ulang, jenis plastik pp pe hd, jenis jenis plastik dan contohnya.

#1. Jenis plastik PETE (polyethylene terephthalate) 

Jenis plastik yang pertama atau no 1 adalah plastik jenis Polietilena tereftalat, merupakan jenis plastik yang paling mudah untuk didaur ulang, sebagai contoh jenis plastik ini biasanya adalah plastik pada botol air mineral bening, plastik jenis ini merupakan jenis plastik yang digunakan untuk kemasan makanan atau minuman sekali pakai dan sangat tidak tahan dengan suhu tinggi, jenis plastik ini bisa didaur ulang sebagai bahan untuk membuat furniture, sleeping bag, atau life jacket, pada bagioan botol minuman yang menggunakan plastik pete adalah badan botol sedangkan tutup adalah bahan plastik 2 atau HDPE dan merk kemasan adalah jenis plastik lain.

#2. Jenis plastik HDPE (high density polyethylene)

Jenis plastik dengan kode 2 ini dibuat dengan polietilena berdensitas tinggi, salahsatu kemasan yang terbuat dari jenis plastik ini seperti botol deterjen dan botol shampoo, tutup botol air mineral dan pada pembuatan kantong plastik “kresek” yang berwarna-warni, pemanfaatan plastik jenis no 2 adalah untuk pembuatan tali, pipa, mainan dan barang lainnya.

#3. jenis plastik PVC (polyvinyl chloride)

Jenis plastik no 3 atau polivinil klorida ini biasa digunakan untuk membuat tirai mandi, kusen jendela, kusen pintu, pipa plastik, komponen otomotif, dan lain lain, plastik kelas ini sering dijumpai pada bagian sol sepatu, kemasan makanan bening dll.

#4. Jneis plastik LDPE (low-density polyethylene)

Jenis Plastik nomor 4 dibuat dengan polietilena berdensitas rendah, pada plastik ini biasanya dgunakan untuk pembuatan kemasan seperti botol oli, botol infus, serta dapat ditemukan pada tas dry clean, kantong plastik pembungkus hp, nampan serbaguna, permukaan anti korosi, lapisan pada karton susu, perangkat keras komputer, dll. Plastik jenis ini bila ditemukan pada kantong plastik biasanya berwarna bening, bila diremas seperti ada campuran karetnya, dan sangat sulit disobek.

#5. Jenis plastik PP (polypropylene)

Jenis plastik Polipropilena atau polipropena biasa digunakan untuk membuat Tupperware, topless, sendok bebek, ember, bungkus teh kemasan cup, kemasan margarin, mangkok, gayung, untuk microwave, dan tutup botol oli.

#6. Jenis plastik PS (polystyrene)

Jenis plastik Polistirena atau yang sering disebut dan dikenal dengan sebutan styrofoam. Plastik ini biasa digunakan untuk membuat cangkir kopi, nampan daging, kemasan kacang, dan peralatan makan plastik, atau lebih kita kenal dengan “Gabus”. Plastik ini dapat didaur ulang untuk membuat busa insulasi atau barang lainnya.

#7. jenis plastik OTHER

Yang terakhir pada no 7ini digunakan untuk plastik yang tidak termasuk kategori 1 sampai 6 di atas, plastik ini biasanya tidak dikumpulkan untuk daur ulang, karena dianggap sebagai plastik yang paling sulit untuk didaur ulang sehingga jika dikumpulkan sekalipun hanya membantu membersihkan lingkungan dari pencemaran limbah plastik saja.

Jadi bagi anda yang menjalankan usaha penggilingan, iris limbah plastik atau usaha daur ulang plastik tentu saja perlu mengetahui jenis jenis plastik tersebut.

Tag#Jenis plastik emberan, jenis plastik kerasan, jenis plastik abs, jenis plastik daur ulang dan harganya, macam macam jenis limbah plastik, jenis jenis plastik daur ulang, jenis plastik pp pe hd, jenis jenis plastik dan contohnya.

Demikian pemaparan tentang jenis jenis plastik sesuai nomornya, plastik sampah nomor 1 sampai 7, adalah jenis plastik yang biasa dikumpulkan untuk didaur ulang, semoga informasi singkat dan sederhana yang kami sajikan bisa bermanfaat. Terimakasih.

Klasifikasi Jenis Plastik Bekas Rongsok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Initial E