Kamis, 05 April 2018

Macam Jenis Tembaga Bekas Berdasarkan Kesepakatan Para Pengepul di Berbagai Wilayah

Jenis jenis tembaga yang harus diketahui terutama oleh para pengusaha yang memang menjalankan bisnis di bidang barang bekas rongsok, dengan mengetahui berbagai jenis tembaga maka nantinya akan dengan mudah mengelompokan tembaga bekas yang dibeli dari masyarakat atau pengepul rongsokan lain, dengan demikian kita yang membeli tembaga campur bisa mengklasifikasikan setiap lembar dan kilo tembaga pada kelasnya masing masing dengan mudah tanpa mengalami kesulitan, seandainya tidak mengetahui berbagai jenis tembaga maka bisa saja terjadi kita mencampurkan semua jenis tembaga berdasarkan klasifikasi yang ada, padahal terdapat banyak jenis tembaga yang harganya lebih mahal jika di kelompokan per jenis.

Pembahasan tentang berbagai jenis tembaga bekas / baru kali ini sebagai pelengkap pada postingan sebelumnya tentang daftar harga tembaga bekas atau rongsok tembaga, anda yang membeli tembaga bekas atau mengumpulkannya dari sebuah elektronik bekas bisa mengelompokan setiap lembar tembaga pada klasifikasinya masing masing. Terdapat berbagai klasifikasi tembaga seperti tembaga super (TS), tembaga jenis BC (tembaga BC), tembaga biasa (TB), tembaga bakar, dan tembaga dandang /dalung (TD) yang masing masing memiliki harga jual berbeda antara satu jenis dengan jenis lainnya.

Bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi terkait usaha jual beli rongsokan, sangat tepat anda membaca tulisan kami pada kesempatan kali ini yang akan membahas tentang jenis jenis tembaga bekas, untuk mempersingkat waktu maka langsung saja pada berbagai jenis tembaga.

1. Jenis Tembaga Super ( TS ) 
Tembaga super merupakan jenis tembaga dengan kelas 1 ( satu ) atau grade unggulan dan mempunyai nilai harga tertinggi dibandingkan dengan kelas lainnya, untuk lebih jelas tentang tembaga super, silahkan ketahui ciri, bentuk dan klasifikasi ukuran TS di bawah ini.

Bentuk ,klasifikasi dan ukuran TS :
  • memiliki ukuran terkecil yaitu sebesar ijuk sapu lidi (minimal)
  • memiliki warna yang mengkilap seperti baru.
  • warnanya tidak ada yang hitam, tidak kuyu , tidak kotor dan sejenisnya 
  • Umumnya adalah tembaga kabel tegangan tinggi yang sudah dikupas kulitnya dengan catatan tidak mengupas dengan cara di bakar.
2. Jenis Tembaga BC ( BC )  
Tembaga BC adalah jenis tembaga dengan kelas 2 ( Dua )dan harga nya masih dibawah harga tembaga TS yaitu lebih kurang 4% - 5% selisih harga dengan TS, dengan demikian maka bc merupakan urutan ke dua jika dilihat dari patokan harga jual tembaga, untuk mengenal tembaga jenis ini mari kita ketahui ciri, bentuk dan klasifikasi ukuran tembaga bc di bawah ini.

Bentuk ,klasifikasi dan ukuran BC :
  • dari segi bentuk dan ukurannya sama persis dengan jenis TS, yang membedakan hanya warnanya, yaitu tidak mengkilap dan agak kuyu, lebam, hitam yang berbeda dengan ts yang memiliki warna mengkilap.
  • Tembaga jenis TS tapi proses Pengelupasan kulitnya dengan cara dibakar, tetapi bersih dari abu sisa pembakaran kulitnya. 
  • Ada juga yang termasuk golongan tembaga BC yaitu, tembaga yang tebal, ada juga yang berbentuk pipa atau batangan tapi kemungkinan ini juga bisa masuk tembaga super jika kondisi fisik mulus dan mengkilat.
3.Jenis Tembaga Biasa ( TB )
Tembaga biasa atau TB adalah jenis tembaga dengan kelas 3 ( tiga )dan harga dibawah BC, lebih kurang 10% -15% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super ), untuk lebih jelasnya mari kita ketahui dari segi bentuk ukuran dan klasifikasi tembaga TB dibawah ini.

Bentuk ,klasifikasi dan ukuran TB :
  • Semua jenis tembaga lilitan besar ataupun kecil yang berasal dari dynamo penggerak,generator ataupun trafo (meskipun sebesar lidi masuk kategori tembaga biasa)
  • Semua jenis tembaga yang ukurannya dibawah BC
  • Tembaga serabut, sebesar rambut.
  • Tidak kotor dan tidak ada abu sisa pembakaran.
4. Jenis Tembaga Bakar
Tembaga bakar adalah sebuah jenis tembaga dengan kelas 4 ( Empat )dan harga dibawah Tembaga biasa / umum dan harganya lebih kurang 10% -20% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super ), ciri dan klasifkasi serta ukurannya seperti di bawah ini.

Bentuk ,klasifikasi dan ukuran Tembaga bakar :
  • ciri cirinya sama dengan  tembaga biasa, yang membedakan hanya proses pengelupasan kulitnya, yaitu dengan cara dibakar, sehingga
  • Bentuknya kotor, hitam ber abu. 
  • Sisa bakaran, Biasanya kulitnya masih tertinggal.

5. Jenis tembaga Dandang/Dalung (TD)
Jenis tembaga TD adalah jenis tembaga dengan kelas 5 ( Lima )dan harga dibawah Tembaga biasa / umum dan harganya lebih kurang 20% - 30% selisih harga dengan TS ( Tembaga Super ), klasifikasi ciri dan ukurannya sebagai berikut.

Bentuk ,klasifikasi dan ukuran TD :
  • Semua tembaga yang terbuat dari Dandang  tembaga bekas.
  • Dalung, Kenceng dan lain sebagainya.
Selain jenis jenis tembaga, bagi pengusaha rongsokan pemula sangat disarankan untuk mengetahui cara mudah membedakan tembaga dengan kuningan, untuk informasi harga tembaga bekas terbaru silahkan baca di postingan kami sebelumnya tentang harga rongsok tembaga.

Baca juga : (harga rongsokan)

Gambar tembaga tb, gambar tembaga ts, harga tembaga bekas, harga tembaga bekas 2018, harga tembaga bekas kabel 2018, harga tembaga bekas saat ini, harga tembaga kupas 2018, harga tembaga putih, harga tembaga ts, jenis tembaga kabel, jenis tembaga putih, jual tembaga bekas, jual tembaga bekas 2018, jual tembaga lidi kupas 2018, pengepul tembaga bekas, tembaga bc.

Bagaimana? mudahkan mengelompokan tembaga bekas?, hal ini sangat perlu diketahui oleh para pengusaha yang memang menjalankan bisnis jual beli rongsok tembaga bekas, semoga informasi singkat dan sederhana yang kami sajikan bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terimakasih.

Tag#Gambar tembaga tb, harga tembaga bekas , gambar tembaga ts, harga tembaga bekas, harga tembaga bekas , harga tembaga bekas kabel , harga tembaga bekas saat ini, harga tembaga kupas , harga tembaga putih, harga tembaga ts, jenis tembaga kabel, jenis tembaga putih, jual tembaga bekas, jual tembaga bekas , jual tembaga lidi kupas , pengepul tembaga bekas, tembaga bc 2020.

Macam Jenis Tembaga Bekas Berdasarkan Kesepakatan Para Pengepul di Berbagai Wilayah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Initial E